Persebaya Incar Tiga Besar

Posted: Maret 11, 2012 in Uncategorized

Kalah dengan skor tipis 1-0 di Bojonegoro, Persebaya Surabaya harus menerima kenyataan tak mampu menjadi jawara paruh musim Indonesian Premier League (IPL). Meski masih menyisahkan satu pertandingan lagi menghadapi Bontang FC , namun Erol Iba dkk sudah tak mungkin mengejar poin Persibo di puncak klasemen sementara.

Kini hanya ada dua tim yang masih berpeluang menduduki posisi puncak, yaitu Persibo dan Semen Padang. Saat ini Persibo masih menjadi pemimpin klasemen IPL dengan torehan 20 poin atau unggul empat angka dari Semen Padang di posisi runner up dan Persebaya di peringkat ketiga.

Namun posisi tim berjuluk Laksar Angling Dharma ini masih rawan tergusur oleh Semen Padang. Sebab, Persibo sudah tidak punya sisa pertandingan lagi di putaran pertama. Sebaliknya, Semen Padang masih memiliki tabungan dua laga, yaitu menghadapi tamunya Persija Jakarta sore ini dan bertandang ke kandang PSMS Medan pekan depan.

Jika Semen Padang mampu meraup empat poin di dua laga sisa, dipastikan bakal langsung mengkudeta Persibo karena memiliki agegrat gol lebih baik. Saat ini Semen Padang menjadi tim paling produktif dengan memasukan 15 gol dan baru kebobolan tujuh gol di sembilan pertandingan.

Sedangkan Persebaya, kalau pun bisa menumbangkan tuan rumah Bontang FC pekan depan, maksimal hanya bisa meraup 18 poin. Posisi Persebaya di putaran pertama bisa saja di runner up tapi dengan catatan Semen Padang hanya maksimal meraih dua poin di dua laga sisanya.

Namun itu rasanya juga sulit, karena dua lawannya Persija dan PSMS kini bertatus tim penghuni papan bawah. PSMS berada di posisi juru kunci sedangkan Persija dua strip di atas PSMS Medan. Bahkan, Persebaya bisa bernasib tragis terlempar dari posisi lima besar, jika gagal meraih poin maksimal di kandang Bontang FC.

Sebab, dua tim di bawah Persebaya yaitu Persiba Bantul dan Persema Malang masih berpotensi menyodok tiga besar. Persiba hanya selesih satu poin dari Persebaya dan menyisahkan satu pertandingan lagi. Sedangkan Persema yang berada di urutan kelima tertinggal dua poin tapi masih memiliki sisa dua laga.

Melihat kondisi ini, Manajer Persebaya Saleh Hanifah mengatakan akan habis-habisan di partai pamungkas putaran pertama melawan Bontang FC. “Walau masih ada setengah musim lagi, tapi kami ingin menutup putaran pertama dengan baik. Untuk jadi juara paruh musim memang sudah tidak mungkin. Namun Persebaya tetap akan berusaha di tiga besar,” ucapnya.

Bagi Saleh Hanifah, posisi akhir di putaran pertama akan ikut membawa dampak bagi pemain di putara kedua. “Kalau kita tetap berada di papan atas, secata psikologis para pemain akan lebih punya motivasi menghadapi putaran kedua. Tapi kalau turun, kita harus bekerja lebih keras lagi memperbaiki tim ini, ” tandasnya.

Disinggung kekalahan dari Persibo, Saleh mengatakan tidak perlu disesali lagi meski pihak masih melakukan protes kepada keputusan wasit. Sebab, dalam laga melawan Persibo, Persebaya kehilangan hampir separo pemainnya termasuk tiga pemain asing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s