Persebaya vs Negeri Sembilan, Adu Gengsi di Derby Melayu

Posted: Mei 19, 2012 in Uncategorized
Preview: Persebaya vs Negeri Sembilan, Adu Gengsi di Derby Melayu

Meski hanya berlabel persahabatan, baik Persebaya Surabaya dan Negeri Sembilan berjanji akan menyuguhkan permainan terbaik mereka dalam Derby Melayu. Sebab, nama Indonesia dan Malaysia ikut dibawa dalam laga yang akan berlangsung di Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya Sabtu malam (19/5).Duel dua klub beda negara itu diperkirakan akan dipenuhi Bonekmania. Bukan hanya ingin menonton jersey baruGreen Force secara langsung saja, suporter fanatik Persebaya itu seolah ingin menunjukkan loyalitasnya meski klub kebanggaan mereka itu tengah menurun di Indonesian Premier League (IPL). Jaga gengsi antar dua negara juga menjadi alasan mereka untuk datang ke GBT.

Panitia Pelaksana (panpel) sendiri sudah menyiapkan 50.000 lembar tiket untuk laga ini. Demi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti jebolnya pintu stadion dan lainnya, 2000 personel keamanan siap dikerahkan.

Untuk menjawab animo Bonekmania malam nanti, pelatih Divaldo Alves mau tak mau mematok kemenangan di laga ini. “Demi Bonek, saya tak mau seri. Semoga kami menang,” tegas pelatih asal Portugal itu mengenai laga yang rencananya akan ditayangkan live oleh RCTI pada pukul 19:00 WIB.

Walau pun menargetkan kemenangan, Divaldo juga menyadari kekuatan timnya memang sedikit berkurang di laga ini. Penjaga gawang utama mereka, Endra Prasetya dan Taufiq memenuhi panggilan Merah Putih untuk Turnamen An-Nakbah Palestina. Sebagai pengganti Endra, Dedy Iman Sukamto akan disiapkan sejak awal oleh Divaldo Alves. Sementara kiper ketiga Persebaya yang alumni SAD 2008, Dimas Galih sepertinya harus rela menjadi penghangat bangku cadangan lagi.

Kehadiran Andik Vermansyah yang rela pulang dari pemusatan latihan Timnas U-22 di Yogyakarta menjadi suntikan darah segar bagi Persebaya. Tusukan dan kecepatan yang dimilikinya akan menjadi senjata mematikan bagi Persebaya dari sektor sayap. Apalagi di pertemuan sebelumnya melawan Negeri Sembilan, dua gol Bajul Ijo lahir dari crossing di sisi sayap. Dan, salah satunya berkat aksi Andik dari sisi kanan.

Berbeda dengan Persebaya yang kekuatan mereka sedikit berkurang,The Deer, julukan Negeri Sembilan, malah tampil full team. Dari empat pemain mereka yang masuk dalam skuad timnas Malaysia hanya Shahurain Abu Samah saja yang batal dibawa ke Indonesia karena istrinya baru saja melahirkan. Sementara gelandang Subramaniam Kunanlan, striker Ahmad Shakir Mohd Ali serta penjaga gawang ketiga Harimau Malaya, Mohd Farizal Marlias tetap bisa turun untuk laga ini.

Meski skuadnya full team, pelatih negeri sembilan, Mohd Azarai Khor Abdullah tetap merendah dan mengaku tak mematok hasil muluk-muluk di laga ini. “Ini laga persahabatan, kalau bisa, seri 2-2 lagi seperti yang lalu. Seri hasil yang fair,” katanya.

Senada dengan sang pelatih, kapten Muhammad Shukor Adan mengaku hanya ingin memberi hiburan bagi penonton saja. “Persebaya banyak pemain bintang. Tapi kami akan memberi perlawanan sengit dan menghibur penonton,” timpal Shukor.

Serangan tim tamu akan tetap bertumpu pada Jean-Emmanuel Effa Owona. Selain berbahaya jika menghadapi bola-bola udara, striker asal Kamerun ini juga ahli dalam mengeksekusi bola mati. Berbeda dengan teman-tmannya yang mengikuti game ringan di sesi jajal lapangan kemarin, Owona malah asik berlatih tendangan bebas di gawang sisi timur GBT.

Namun, bukan striker yang memborong dua gol di leg pertama lalu itu saja yang ditakuti Persebaya. Kapten Otavio Dutra malah mengaku tak akan berkonsentrasi pada Owona saja. “Mereka memiliki banyak pemain yang punya kualitas, tapi kita akan tampil fight demi Bonek,” tegas bek asal Brasil ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s